Media Player Windows 11 yang Baru Mendapatkan Peningkatan Besar pada Audio dan Video

Aplikasi audio dan video yang baru Microsoft menggantikan Groove dan Windows Media Player kuno. Kali ini kita akan membahas cara menggunakannya dan menjelaskan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

Media Player baru Windows 11 dapat memutar baik itu video maupun audio, dan untuk yang terakhir kalinya menggantikan Groove sepenuhnya. Jika kita menjalankan Windows 11 dan belum melihat aplikasi Media Player yang baru, tunggu sebentar. Aplikasi akan tersedia dalam proses pembaruan. Sementara itu, Microsoft terus menawarkan aplikasi Movies & TV, yang juga dapat memutar video dan layanan konten film serta acara TV yang tersedia di layanan Microsoft Store. Kedua aplikasi ini bukan satu-satunya pilihan untuk pemutar media di Windows, dan sejujurnya, membingunkan mengetahui yang manakah yang dibutuhkan. Tapi jangan khawatir! Di sini akan dijelaskan aplikasi mana yang kita butuhkan untuk tujuan tertentu dan kemudian memberikan pandangan mendalam pada aplikasi Media Player baru Windows 11.

Bagaimana Cara Mendapatkan Media Player Windows 11 yang Baru

Aplikasi Media Player baru akan datang di antara “pembaruan fitur” tahunan besar Windows yang memiliki kode nama seperti 22H2. Ini merupakan kelanjutan dari satu kali klaim Microsoft dimana Windows telah menjadi sebuah layanan ketimbang sebuah versi perangkat lunak. Ini juga berarti bahwa beberapa pengguna menerima pembaruan sebelum pembaruan yang lain, jadi jika Anda masih melihat aplikasi Groove, tunggu beberapa waktu sampai aplikasi ini digantikan.

Kita tidak akan menemukan Media Player baru Microsoft di antara aplikasi yang terdaftar di Microsoft Store yang saat ini masih muncul sebagai Groove. Beberapa situs telah melaporkan bahwa kita bisa mendapatkan aplikasi baru dengan memperbarui entry store, tetapi muncul di sistem sebagai bagian dari pembaruan Windows standar.

Memperkenalkan Pemutar Media Windows Tiga (atau Empat)

Pemutar media yang disertakan dalam Windows memiliki beragam bentuk selama bertahun-tahun. Windows Media Player dasar telah ada dalam satu atau bentuk lain sejak 1991. Aplikasi Movies & TV, juga tersedia di Windows 11, memungkinkan kita menonton video yang tersimpan secara lokal atau online serta serial yang dapat dibeli atau disewa di Microsoft Store. Groove yang saat ini sedang diganti yang dapat memutar musik baik yang disimpan secara lokal ataupun di cloud. Penampilan Windows Media Player yang tampak membosankan yang disertakan dengan Windows 7 telah berada di Windows selama lebih dari satu dekade… demikian pula tersedia di Windows 11.

Di skema barunya, jika kita mengetik “Groove” ke dalam kotak pencarian di Windows, Media Player baru akan muncul, dan jika mengetik “Windows Media Player,” yang usang muncul dengan sendirinya. Itu benar, Windows 11 menyertakan tiga aplikasi (empat termasuk Groove sebelum diganti) yang dapat memutar file video dan dua sebagai memutar audio. Namun, setiap aplikasi berbeda cara penggunaanya.

Tabel berikut akan membantu dalam memilah beberapa pemutar media yang tumpang tindih di Windows.

AplikasiApakah Tersedia di Windows 11?Tujuan
GroovePada awalnya, tetapi digantikan oleh aplikasi Media Player baru.Pemutaran dan streaming audio dari OneDrive.
Pemutar Media (yang baru di Windows 11)YaPemutar Audio dan Video
Film dan TelevisiYaPemutaran video; menyewa dan membeli konten di Microsoft Store.
Windows Media Player (“klasik”)YaPemutaran dan streaming audio dan video ke perangkat lokal; menyalin dan membakar CD dan data DVD.

Disarankan agar tidak lagi menggunakan Windows Media Player lama dalam berbagai hal. Antarmuka yang tidak standar dan canggung. Perhatikan bahwa tidak satupun  pemutar ini dapat memutar file DVD atau Blu-ray standar. Akan tetapi ada alasan mengapa Microsoft terus memasukkan pemutar lama: Karena pemutar Ini adalah satu-satunya aplikasi yang disertakan yang dapat menyalin dan membakar CD bagi mereka yang masih memiliki sebuah koleksi audio maupun video yang ingin mereka digitalkan.

Sekarang marilah kita selami lebih dalam apa saja yang tersedia di Media Player yang baru ini.

Memutar Musik di Media Player Windows 11 yang Baru

Seperti yang telah disebutkan, aplikasi Media Player baru tidak tersedia di Microsoft Store. Satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan memperbarui Windows. Setelah muncul, Groove akan hilang, dan daftar putar apa pun yang ada di aplikasi itu sekarang akan muncul di Media Player.

Aplikasi Media Player baru menampilkan lima tombol mode di bawah kotak pencarian: Beranda, Musik, Video, Antrean Putar, dan Daftar Putar. Halaman Beranda menunjukkan media yang baru saja diputar. Fungsi tombol cukup jelas, tetapi kita bisa memperluasnya menjadi opsi menu melalui menu hamburger tiga baris di bagian atas, ika melebarkan jendela aplikasi, maka menu ini juga akan diperluas.

Di tampilan Home, kita dapat membuka file media tertentu serta url untuk streaming. Fasilitas ini berfungsi untuk kedua steaming video dan streaming audio. Namun, bukan untuk streaming video YouTube atau Vimeo (kita dapat melakukannya di PowerDVD CyberLink). Lihat bagian Streaming Musik dan Radio di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang streaming audio di Media Player.

Format-format file apa saja yang Didukung oleh Media Player yang baru?

Aplikasi Pemutar baru ini mendukung semua format file audio standar, termasuk FLAC lossless dan format open-source seperti Ogg Vorbis. Kita juga dapat memainkan sampel suara surround 5.1 dan 7.1.

Cara Menambahkan Musik ke Media Player

Kita membuka file suara bukan di bagian Musik, kita dapat membukanya di bagian Home. Sebagai gantinya, di sini kita memberi tahu ke aplikasi terkait folder mana yang harus ditonton (folder Musik yang paling masuk akal) dan file audio apapun di folder tersebut akan muncul di antarmuka Media Player. Jika hanya ingin memutar file musik tertentu yang tidak ada dalam folder yang ditonton, kita dapat menemukan file musik tersebut menggunakan File Explorer dan membukanya dengan Media Player.

Mengontrol Musik Kita

Seperti halnya pemutar musik yang bagus, Windows Media Player baru memberi pilihan bagaimana cara memutar musik melalui katalog dan daftar putar, termasuk shuffle, straight play through, dan repeat.

Pengontrol Kecepatan memungkinkan kita mengubah kecepatan pemutaran. Equalizer dipakai untuk menyesuaikan level audio pada rentang frekuensi yang berbeda untuk pemutaran audio dan video. Yang lebih bermanfaat adalah preset equalizer, yang mengoptimalkan suara untuk pemutaran di laptop, headphone, speaker mobil, speaker portabel, dan untuk meningkatkan bass. Perhatikan bahwa musik berhenti sejenak saat kita melakukan penyesuaian dan menutup equalizer.

Anda dapat melompat mundur 10 detik atau maju 30 detik menggunakan tombol di layar atau Ctrl-panah kiri dan Ctrl-panah kanan.

Mengklik kanan pada trek dalam daftar putar akan membuka beberapa opsi, seperti menyetel trek untuk diputar berikutnya, menambahkannya ke antrean kita atau daftar putar, menunjukkan properti atau artisnya, dan membuka metadata jika  ingin mengeditnya.

Cara Membuat Antrean Putar dan Daftar Putar

Antrean Putar hanyalah daftar lagu atau video yang disiapkan untuk diputar selanjutnya, kita dapat menambahkan ke antrean ini dengan mengklik kanan pada entri media apapun, memilih Tambahkan ke > Play Queue.

Daftar putar adalah sekelompok trek yang kita simpan dan dapat diputar kapan saja. Kita bisa membuatnya cukup dengan mengetuk tombol Daftar Putar Baru di tampilan Daftar Putar yang muncul saat kita memilih ikon bagian bawah di sebelah kiri. Tambahkan lagu ke daftar putar dengan cara yang sama seperti menambahkannya ke antrean. Kita bisa memilih beberapa lagu untuk ditambahkan dalam tampilan Music Library, dan kita juga dapat menambahkan seluruh album dan kumpulan artis dari sana.

Bagaimana dengan Karya Album?

Saat kita memutar lagu, mengetuk sampul albumnya di kiri bawah akan mengubah tampilan aplikasi menjadi tampilan gambar penuh dengan gambar album. Program ini dapat mengambil gambar album dan artis dari sumber online, sama seperti kebanyakan pemutar musik lainnya.

Dapatkan Tampilan Minimal dengan Mode Miniplayer

Mode miniplayer mengecilkan aplikasi ke dalam kotak kecil di sudut layar kita. Kita dapat mengubah ukuran ini menjadi kotak yang sangat kecil yang menampilkan tidak lebih dari sebuah gambar artis dengan tombol jeda, putar, dan lewati saat mengarahkan kursor. Jika memperbesar Mini-player ini, Kita juga dapat melihat sampul album persegi di sebelah kiri. Pemutar kecil selalu berada di atas jendela lain, untuk akses yang selalu tersedia ke kontrol tersebut.

Metadata

Tampilan Properti menunjukkan semua tampilan metadata, seperti; judul, album, tahun, trek, durasi, artis, genre, serta format file dan kecepatan bit. Perhatikan contoh file FLAC lossless di bawah ini. Perhatikan juga bahwa file tersebut berada di OneDrive, sehingga kita dapat mengaksesnya dari perangkat apapun yang tersambung ke internet.

Streaming Musik dan Radio di Windows Baru

Kita tidak hanya dapat membuat daftar putar sendiri di aplikasi, tetapi kita juga dapat membuka daftar putar streaming online yang mencakup banyak streaming radio internet. Akan sangat bagus jika Microsoft menyertakan fitur pencarian radio internet di aplikasi.

Memutar Video di Media Player Windows 11 yang Baru

Seperti halnya audio, Media Player mendukung semua format video dan codec utama (dan sekelompok kecil format) (55 format yang didukung saat ini), termasuk yang open source seperti MKV dan OGV. Dengan cara yang sama dengan menambahkan folder daripada membuka file berlaku untuk video, meskipun folder video terpisah dari folder audio.

Kita bahkan dapat memutar file video 8K yang direkam pada HP Samsung Galaxy S21 Ultra di aplikasi baru ini, sementara Windows Media Player lama mengatakan bahwa ada kesalahan saat mencoba memutarnya. Namun, satu batasan yang dihadapi adalah bahwa Media Player baru tidak dapat merender sebuah klip 360 derajat, seperti yang bisa dilakukan oleh aplikasi Film & TV.

Semua kontrol yang sama yang disebutkan di atas untuk audio juga berfungsi untuk video: mengubah kecepatan, melompat maju dan mundur, equalizer, melihat properti file, dan membuat daftar putar dan antrian putar. Pemutar video menambahkan beberapa fitur video saja, termasuk Zoom to Fill untuk menghapus dukungan letterbox dan closed caption untuk video yang berisi data.

Mentransmisikan Media dari PC Windows 11

Seperti halnya Film & TV, Media Player memungkinkan kita mentransmisikan media yang diputar ke perangkat yang kompatibel, yang memiliki fungsi audio dan video secara bersamaan. Pengujian dilakukan dengan mengirimkan musik yang diputar di Surface Laptop 3 ke streamer media Roku Express. Aplikasi ini menggunakan kemampuan casting bawaan Windows 11, jadi saat kita mengaktifkan casting, apa pun di layar PC kita akan muncul di layar tempat kita melakukan casting. Bilah terpisah muncul di bagian atas layar PC yang menunjukkan bahwa kita sedang streaming ke Roku.

sumber: pcmag.com