Tahun bagi monitor OLED akhirnya tiba

Monitor OLED yang cantik luar biasa akan menjadi milik banyak orang, akhirnya.

Pameran Elektronik Konsumen tahunan telah menggoda para penggemar PC dan gamer yang mendambakan monitor OLED selama bertahun-tahun, yang tidak pernah membuat mereka merasa terpuaskan. Hal ini nyata bahkan di pameran tahun lalu. Ya, monitor gaming Alienware AW3423DW sangat bagus, namun kita berharap perilisannya akan menjadi awal dari gelombang pasang bagi monitor OLED. Ini belum pernah terjadi.

CES 2023 kali ini mungkin berbeda. LG datang ke pameran dengan menampilkan monitor ultrawide 45 inci yang mencolok dan layar 27 inci 1440 yang lebih praktis, dan kedua monitor sudah bisa dipesan sekarang. Samsung membalas dengan layar Odyssey OLED G9, super ultrawide 49 inci yang mencolok dirilis pada awal tahun 2023 ini. Ini adalah monitor-monitor yang mengesankan, dan panel-panel OLED di dalamnya akan menjadi komponen layar utama di antaranya dari Asus, Acer, Alienware, Dough, dan MSI.

Kompetisi OLED segera datang

Fenomena OLED yang tak ada habisnya bagi monitor PC setidaknya sebagian disebabkan oleh karena kurangnya pilihan. Panel-panel OLED hanya diproduksi oleh beberapa perusahaan saja, terutama oleh LG dan Samsung, dan hanya sedikit opsi panel yang tersedia. Rendahnya volume produksi panel OLED yang cocok untuk monitor membuat harganya tetap tinggi.

LG dan Samsung bersandar pada OLED untuk pasar PC pada tahun 2020. Kita mungkin telah melihat hasilnya jika membeli sebuah laptop PC di dua tahun terakhir. Laptop dengan layar OLED lebih umum dari sebelumnya, dan kini telah tersedia di laptop-laptop dengan harga di bawah 1.000 dolar.

Perang antara LG dan Samsung juga akan meningkatkan keterjangkauan monitor PC. Keduanya memiliki teknologi panel OLED sendiri: LG menawarkan panel OLED WRGB, sementara itu Samsung menawarkan QD-OLED. Dan keduanya memiliki pengaruh yang luar biasa di dunia dalah hal teknologi layar dan terkenal dengan kerjasamanya dengan berbagai mitra.

Secara mengejutkan, LG memenangkan pertempuran di CES 2023. QD-OLED Samsung ditemukan di Alienware AW3423DW dan tentu saja di dalam monitor Samsung Odyssey OLED G9 yang baru, terlihat spektakuler. Akan tetapi, penel OLED LG 12 Inci 1440p 240Hz yang baru sangat cocok untuk para gamer PC, dan LG meningkatkan produksi untuk mendukung beberapa para pembuat monitor pihak ketiga. Kemungkinan panel ini akan mendominasi hingga Samsung bisa meresponnya dengan opsi QD-OLED dengan ukuran yang sama.

CES 2023 juga mengingatkan kita bahwa teknologi OLED meghadapi persaingan yang lebih luas. Beberapa monitor Mini-LED dan monitor laptop yang baru datang dari banyak produsen termasuk Acer, Asus, Razer, dan Lenovo. Sementara itu, Samsung, terus berinvestasi pada Micro-LED, sebuah teknologi panel yang dibangun dari LED-LED kecil, dan menampilkan generasi terbaru televisi NEO QLED 8K di pameran CES 2023.

televisi Mikro-LED yang terjangkau masih bertahun-tahun lagi, dan monitor bahkan akan menjadi lebih menantang karena ukurannya yang lebih kecil. Tentu saja, Mini-LED dan Micro-LED merupakan ancaman jagka pangang terhadap OLED. Keduanya bisa memberikan tingkat kecerahan yang jauh lebih tinggi, dan tanpa resiko terbakar. Evolusi teknologi panel alternatif  menjadikan LG dan Samsung untuk meningkatkan kinerja OLED mereka dan memangkas biaya.

Subpixel masih tetap menjadi persoalan

OLED memiliki banyak kecerahan, namun tidak sempurna. Sebagian besar panel OLED yang didapati di dalam monitor komputer dan laptop menggunakan bangunan sub-piksel yang berbeda dari bangunan RGB yang biasa terdapat di layar LCD. Hal ini bisa menyebabkan masalah seperti lunturnya warna ataupun jerumbai dan tampilan piksel yang menonjol pada jenis tulisan ukuran kecil.

Predator X45 OLED Acer yang montok terlihat sangat luar biasa secara langsung

Mari kita luruskan satu hal: para penggemar PC berharap LG dan Samsung memiliki panel RGB-OLED yang murah. David Park, Manajer Pemasaran Senior Produk di LG, mengatakan bahwa penggunaan layout alternatif (dalam hal ini LG, yaitu WRGB) akan menjadi tekadnya.

“Ini terkait kecerahan. Untuk layar ukuran 55, 65, dan yang lebih besar, kami kami bisa menambahkan arsitektur kontrol […] kita bisa menggunakan algoritma gambar yang berbeda untuk mendorong kecerahan tersebut.” Ujar Park, menjelaskan teknologi panel OLED-nya saat ini untuk layar kecil dimaksudkan untuk memaksimalkan kecerahan seukuran tersebut. “untuk layar ukuran 45, 27, kami tidak bisa menggunakan teknologi yang sama, kecerahan tersebut tidak mengkilau. Jadi, ada keunggulan menggunakan WRGB, dimana kita mendapatkan sub-piksel putih.

Samsung tidak berkomentar ketika ditanyakan apakah mereka kemungkinan merubah bangunan sub-piksel untuk panel QD-OLED di masa depan yang ada bagi monitor-monitor PC.

Tetap saja, para penggemar PC yang awas memiliki pilihan. JOLED, sebuah perusahan kecil yang berbasis di Tokyo, memproduksi panel OLED yang luar biasa yang bisa ditemukan di Layar Asus ProArt OLED PA32DC, dan layar Asus ProArt Display OLED PA32DCM mendatang, sebuah monitor premium 4K OLED yang ditampilan di CES 2023. Panel JOLED memiliki kejelasan sangat bagus, namun panel tersebut diproduksi dalam jumlah sedikit, sehingga membuatnya mahal. Mereka juga tidak menawarkan refresh rate tinggi pada panel LG dan Samsung.

Akhirnya, ketersediaan monitor ini secara umum adalah nyata

Kualitas gambar OLED, waktu respon piksel, dan latensi input rendah menjadikannya sebagai teknologi yang ideal bagi PC gaming, dan bagi kebanyakan orang, digunakan sehari-hari. Akan tetapi harganya yang tinggi dan ketersediaanya yang sangat terbatas membuat monitor OLED ini tidak tersedia di sebagian besar rumah kita.

2023 akhirnya adalah tahun perubahan. Acer, Asus, Alienware, Corsair, dan Dough di antara beberapa pembuat monitor yang berencana merilis monitor OLED baru. Beberapa monitor didasarkan kepada panel OLED yang baru, seperti pada Corsair Xeneon Flex, yang sudah tersedia, yang lainnya kini juga siap untuk dipesan.

Dan ini barulah permulaan. “LG telah berencana untuk memperkenalkan ukuran layar yang berbeda, form faktor yang berbeda,” ujar Park. “sepanjang tahun 2023 ini, kalian akan mendengar lebih banyak pengumuman dari LG terkait monitor OLED yang berbeda yang akan kami bawa ke pasaran.”

Jangan salah: monitor-monitor ini memiliki harga premium, dan mungkin butuh waktu bertahun-tahun sebelum OLED berada di harga terendah dengan adanya monitor LCD IPS modern. Akan tetapi, banyak para penggembar PC dengan senang hati membayar beberapa ratus dolar untuk mendapatkan keunggulan layar OLED ini, dan pada tahun 2023 ini, setelah bertahun-tahun menunggu, akhirnya terealisasikan.

sumber: pcworld.com